cara menentukan tema puisi

 Menentukan Tema Puisi

Hallo sobat penulis dan pembaca, 

Di sini saya akan membahas langkah-langkah Menentukan Tema Puisi yang sekiranya dapat membantu kalian dalam membuat karangan puisi yang indah dan baik dan tentunya menarik untuk dibaca.


Di sini langkah utama yang perlu kalian buat dalam menulis sebuah karangan puisi adalah menentukan tema. Nah apa itu Tema ??? Tema adalah pokok pikiran atau dasar cerita, nah jika kalian ingin membuat suatu karangan puisi yang indah maka tentukanlah tema yang menurut kalian tema yang ingin kalian tulis. Kalian harus menemukan dasar pikiran, pokok pikiran yang ingin kalian tulis.


Jika kalian kesulitan menentukan tema yang ingin kalian tulis maka saya akan memaparkan beberapa referensi tema yang dapat membantu kalian, contoh : 

* Jika kalian ingin menulis puisi buat sang      pujaan hati, berarti tema yang kalian pakai adalah Tema Percintaan.

* Jika kalian ingin mengkritik pemerintah misalnya, kalian boleh menulisnya dalam sebuah puisi yang bertema Politik 

* Kalian suka alam ? Pilihlah tema Alam, dan masih banyak lagi tema yang lain yang bisa kalian pakai.

Jadi setelah kalian telah menemukan sebuah tema yang kalian rasa cocok untuk ditulis, apa langkah selanjutnya ? Langkah selanjutnya adalah memilih judul dari Tema yang kalian sudah tentukan tentunya.


Bagaimana cara memilih judul yang baik dan sesuai Tema ? Jika kalian ingin mengetahui dan mendalami menulis puisi lebih baik lagi dan jika kalian tertarik dengan artikel yang saya tulis ini ika Sila kalian kunjungi situs blog saya di pintar menulis dan membaca.blogspot.com


Komentar